30 Agustus 2014

Erlenmeyer!
Haaaaaaaaaaaaaaaaaai!! 

Kita balik lagi nih! okee pembahasan kita kali ini yaitu menjelaskan tentang

"kenapa websitenya Erlenmeyer-miyosha". Yap karena erlenmeyer adalah alat yang biasanya digunain dipraktek ilmu resep dan kenapa miyosha? miyosha itu singkatan; tami-yoga-fasha karena blog ini blog kelompok :)



Oke now, masuk ke penjelasan tentang Labu Erlenmeyer.


     
Erlenmeyer atau Erlenmeyer flask, Conical flask, E-flaks adalah jenis-jenis Peralatan Gelas (Glass ware equipment ) yang digunakan di Laboratorium.Bentuk dari Labu Erlenmeyen ini yaitu bulat dan berbentuk kerucut dibagian atasnya. Disalah satu sisinya (seperti gambar yang disamping), terdapat tanda yang menunjukan ukuran volume isi dan memiliki spot yang dapat diberi label dengan pensil.                                                           

Leher dan mulut botol yang sempit pada Erlenmeyer bertujuan agar mudah dipegang, mengurangi penguapan dan dapat ditutup dengan mudah. SEdangkan dasar permukaannya yang rata membuatnya flexsibel untuk diletakan dimana saja.  

              
Berikut ini adalah fungsi dan kegunaan dari Erlenmeyer:
  • 1. Erlenmeyer berfungsi untuk mengukur dan mencampur bahan-bahan analisa
  • 2. Erlenmeyer berfungsi untuk menampung larutan, bahan padat maupun cairan
  • 3. Labu Erlenmeyer dapat digunakan untuk meracik dan menghomogenkan (melarutkan) bahan-bahan    komposisi media
  • 4. Erlenmeyer berfungsi sebagai tempat kultivasi mikroba dalam kultur cair
  • 5. Erlenmeyer berfungsi sebagai tempat untuk melakukan titrasi bahan.

              Labu Erlenmeyer kebanyakan terbuat dari kaca Borosilikat sehingga mereka dapat dipanaskan di atas api atau autoklaf. Ukuran yang paling umum mungkin adalah termos Erlenmeyer 250 mL dan 500 mL. Namun ada juga Erlenmeyer yang berukuran 50 mL, 100 mL, 150 mL, 250 mL dan 1000 mL. Biasanya Erlenmeyer tidak mempunyai tutup. Untuk penutup dapat menyegel mereka dengan plastik atau gabus penyumbat. Namun ada juga Erlenmeyer khusus yang dibuat dengan disertakan penutup yang terbuat dari kaca pula.

Ini adalah gambar dari ukuran-ukuran Labu Erlenmeyer:






 Oke readers, semoga apa yang kita share tentang "Labu Erlenmeyer" Bermanfaat untuk kalian yang belum tahu ya guys! see you next judul;):p 
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar